BERITA

KKN Mahasiswa STIKes Akbidyo Bantu Program Kesehatan di Panggungharjo


08-03-2022 02:30:56

BANTUL, KRJOGJA.com – Penarikan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Prodi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) STIKes Akbidyo berlangsung di Balai Kalurahan Panggungharjo, Senin (07/03/2020). Penarikan dihadiri oleh Ketua STIKes Akbidyo Bdn Endang Khoirunnisa STTKeb MKes, Kaprodi MIK Dra Rawi Miharti MPH, perwakilan Pemerintah Kalurahan Panggungharjo, perwakilan Puskesmas Sewon 2, Ketua Program Studi beserta para dosen, staf dan mahasiswa.

Kegiatan KKN dilaksanakan oleh 15 mahasiswa yang dilakukan selama satu bulan dari tanggal 7 Februari – 7 Maret 2022. Nurvita Wikansari SKM MPH, Ketua Penarikan Mahasiswa KKN mengatakan, pada kegiatan KKN ini mahasiswa Prodi MIK Stikes Akbidyo melaksanakan berbagai program pendampingan upaya kesehatan berbasis masyarakat.

Khususnya terkait peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak melalui kegiatan Posyandu dan terkait pencegahan DBB melalui sosialisasi dan pemantauan jentik nyamuk. “Berbagai inovasi telah dihasilkan pada mahasiswa dalam kegiatan KKN ini salah satunya adalah pembuatan kartu Posyandu yang memudahkan pencatatan kegiatan pelayanan posyandu,” ujarnya, Selasa (08/03/2022).

Disamping itu, mahasiswa juga membantu program vaksinasi yang dikelola oleh Puskesmas Sewon 2 yang salah satu wilayah kerjanya adalah Kalurahan Panggungharjo. “Dalam kegiatan vaksinasi tersebut mahasiswa berperan dalam menginputkan data vaksinasi ke dalam sistem berbasis komputerisasi yang terkoneksi dengan pemrosesan sertifikat vaksin digital yang memang menjadi salah satu kompetensi mahasiswa Prodi MIK,” ucapnya.

Sedangkan Hosni Bimo Wicaksono AMd, perwakilan Pemerintah Kalurahan Panggungharjo, menyampaikan terimakasih atas kontribusi para mahasiswa melalui program KKN ini. Kemudian Nunuk Endang Pujiati AMKL, selaku perwakilan Puskesmas Sewon 2 juga menyampaikan terimakasih dan berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut di periode berikutnya dikarenakan permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Nunuk juga menambahkan kegiatan KKN ini akan dapat memberikan bekal berharga bagi para mahasiswa ketika nanti bekerja di bidang kesehatan dan turun ke masyarakat. (Jay)





Lihat Semua Berita